Skip to main content

Manfaat Kunyit dan Efeknya Bagi Kesehatan

Manfaat kunyit bagi kesehatan, kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu tradisional. Selain itu karena warnanya yang kuning, kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Tapi jika Anda telusuri lebih jauh ternyata banyak sekali manfaat kunyit selain hanya sebagai penyedap masakan. Salah satu masakan yang menggunakan kunyit sebagai pelengkapnya adalah gulai. Kunyit atau juga sering disebut dengan kunir merupakan rempah-rempah asli dari kawasan Asia Tenggara. Karena manfaatnya yang begitu kompleks, banyak beruncula berbagai suplemen yang dikemas dalam bentuk kapsul dimana bahan dasar utamanya adalah kunyit serta penambahan berbagai vitamin lainnya.

kunyit

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

  • Sebagai antiseptik alami, kunyit dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kanker, karena tanaman ini mengandung zat anti-kanker.
  • Adanya antioksidan pada kunyit dapat membuat anda lebih awet muda karena kunyit memiliki kontribusi dalam pertumbuhan serta peremajaan sel-sel dalam tubuh.
  • Manfaat kunyit dapat mencegah leukimia.
  • Menghancurkan racun dan bahan kimia berbahaya di dalam tubuh.
  • Dapat membantu menurunkan berat badan jika Anda sedang menjalani program diet. 

Efek Negatif Kunyit Bagi Kesehatan

Selain memiliki banyak manfaat, kunyit juga memiliki efek samping negatif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek buruk kunyit bagi kesehatan.
  • Menyebabkan masalah pada lambung, mengkonsumsi kunyit dalam jangka waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan gangguan lambung. Hal ini terjadi karena sifat pedas yang terkandung pada kunyit.
  • Sulit diserap tubuh, zat yang terkandung pada kunyi cenderung sulit diserap tubuh sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat kunyit secara optimal.
  • Efek kemoterapi, berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit memiliki efek pada kemoterapi, jadi disarankan bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi jangan mengkonsumsi kunyit dalam jumlah yang banyak.
Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, ternyata kunyit juga memiliki dampak negatif bagi tubuh. Tapi apapun alasannya kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki manfaat selama kita mengkonsumsinya secara bijak. Itulah beberapa manfaat kunyit dan efek negatifnya.

Sumber: Link

Comments

Popular posts from this blog

Rekor Dunia Kenakan Celana Dalam Terbanyak

Sebuah usaha pemecahan rekor dunia yang tidak biasa kembali dilakukan. Kali ini adalah memakai celana dalam terbanyak yang bisa dilakukan oleh satu orang. Gelar tersebut berhasil diraih kembali oleh pria asal Inggris, Gary Craig, setelah sempat memegangnya.     Tahun ini Gary berhasil memakai 302 celana untuk mencetak rekor dunia yang baru. Saat ini ia sedang menunggu konfirmasi rekornya dari pihak Guinness World Record. “Aku ingin menjadi orang pertama yang bisa memakai lebih dari 300 pasang dan aku berhasil melakukannya,” ucap Gary. “Memakai semua celana dalam itu lebih sulit daripada yang terlihat karena akhirnya kamu menanggung beban yang berat,” tutur pria yang bekerja sebagai arsitek ini. “Tapi kerumunan orang-orang terus menyemangatiku dan membuatku terus berusaha.” Sebelumnya pria berusia 53 tahun ini sudah memegang rekor dengan mengenakan 211 celana. Berkat prestasinya pada 2010 itu ia kemudian dijuluki Geordie Pantsman. Sedangkan rekor yang Gary kalahkan

Aneh, Air Terjun Ini Mengalir Bolak Balik

Siap-siap kaget saat berkunjung ke Teluk Talbot di Australia Barat. Jika selama ini air terjun menurun ke bawah, beda ceritanya dengan “Horizontal Falls” yang mengalir mendatar, sekaligus bolak-balik. Kok bisa? Aliran airnya deras layaknya air yang terjun dari tebing. Sekilas memang pemandangan ini terlihat seperti air terjun, tapi bedanya aliran airnya mendatar. Sampai-sampai tempat ini dinamai The “Horizontal Falls” atau air terjun horizontal. Peristiwa ini sebenarnya terbentuk karena derasnya air yang keluar dari sela-sela tebing. Tebing tersebut membelah lautan. Dari sisi lautan yang satu (sebelah kanan), air akan meluncur deras ke sisi di seberangnya (sebelah kiri). Ini terjadi karena air laut di sebelah kanan sedang pasang, sedangkan air laut di sebelah kiri sedang surut. Uniknya, hal tersebut juga berlaku kebalikannya. Tidak jarang jika pagi hari air mengalir dari kanan ke kiri, tapi sorenya malah dari kiri ke kanan. Peralihan air ini terjadi terus-menerus

Hewan Paling Pintar di Dunia

1. Simpanse Binatang ini sangat populer di Hollywood sebagai "Binatang Film" paling laris selain anjing. Simpanse adalah binatang primata tercerdas di dunia, dan para ilmuwan juga mengakui bahwa mereka adalah binatang paling cerdas di dunia saat ini. Primata ini berasal dari hutan tropis di Afrika . Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan cabang pohon! Seorang profesor dari Primate Research Institute of Kyoto University bernama Tetsuro Matsuzawa, mendedikasikan hidupnya untuk meneliti simpanse ini. Beliau mengatakan bahwa simpanse bahkan dapat mengalahkan para sarjana matematika Jepang pada saat tes memori angka