Skip to main content

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Manfaat mendengarkan musik terbukti dapat membantu meningkatkan mood. Jika anda sedang bosan dan malas untuk melakukan pekerjaan maka cobalah untuk mendengarkan lagu favorit Anda.  Musik memiliki pengaruh kuat terhadap pikiran dan tubuh kita, itulah sebabnya mengapa musik dapat mempengaruhi mood dari si pendengarnya. Jika anda pecinta musik dan suka memutar lagu di sela-sela pekerjaan Anda, ternyata hal tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan musik.

Manfaat Mendengarkan Musik

Mengurangi Stres Jika saat ini Anda sedang merasa cemas dan takut, cobalah untuk mendengarkan musik. Menurut data dari Asosiasi Terapi Musik di Amerika menunjukkan jika musik dapat membantu menghilangkan stres dan cemas berlebihan. Studi lain juga berhasil mengungkapkan jika pasien yang mendengarkan musik kesukaannya 30 menit sebelum melakukan operasi, tingkat stresnya berkurang dan membuatnya lebih santai. Jadi dapat disimpulkan manfaat mendengarkan musik sangat berguna sebelum menghadapi momen menegangkan dalam hidup Anda.

Meningkatkan Produktifitas Kerja
Pegawai muda memang cenderung memiliki konsentrasi yang lebih baik jika mendengarkan musik instrumental. Jenis musik ini dapat membantu anda fokus pada pekerjaan di kantor. Tapi beberapa lagu yang dapat mempengaruhi tingkat emosional anda justru malah akan mengganggu konsentrasi saat Anda sedang bekerja.

Meningkatkan Stamina
Saat sedang berolahraga pilihlah lagu atau musik dengan tempo yang agak cepat sehingga membuat anda lebih bersemangat dan kalori yang dibakarpun akan semakin banyak, karena tubuh kita seolah bergerak sendiri mengikuti alunan musik yang cepat.

Dampak Negatif Mendengarkan Musik dengan Volume Tinggi

Meskipun mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, tetapi ada baiknya anda tidak memutar musik dengan volume yang keras. Alasannya selain bisa mengganggu orang lain, volume yang keras dapat mempengaruhi kesehatan pendengaran anda. Jika anda memutar musik dengan volume yang terlalu keras dapat menyebabkan potensi rusaknya gendang telinga. Jadi jika anda suka mendengarkan musik lewat perangkat portable melalui earphone ada baiknya jangan menggunakan volume maksimal. Itulah beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan Anda.

Sumber: Link

Comments

Popular posts from this blog

Rekor Dunia Kenakan Celana Dalam Terbanyak

Sebuah usaha pemecahan rekor dunia yang tidak biasa kembali dilakukan. Kali ini adalah memakai celana dalam terbanyak yang bisa dilakukan oleh satu orang. Gelar tersebut berhasil diraih kembali oleh pria asal Inggris, Gary Craig, setelah sempat memegangnya.     Tahun ini Gary berhasil memakai 302 celana untuk mencetak rekor dunia yang baru. Saat ini ia sedang menunggu konfirmasi rekornya dari pihak Guinness World Record. “Aku ingin menjadi orang pertama yang bisa memakai lebih dari 300 pasang dan aku berhasil melakukannya,” ucap Gary. “Memakai semua celana dalam itu lebih sulit daripada yang terlihat karena akhirnya kamu menanggung beban yang berat,” tutur pria yang bekerja sebagai arsitek ini. “Tapi kerumunan orang-orang terus menyemangatiku dan membuatku terus berusaha.” Sebelumnya pria berusia 53 tahun ini sudah memegang rekor dengan mengenakan 211 celana. Berkat prestasinya pada 2010 itu ia kemudian dijuluki Geordie Pantsman. Sedangkan rekor yang Gary kalahkan

Hewan Paling Pintar di Dunia

1. Simpanse Binatang ini sangat populer di Hollywood sebagai "Binatang Film" paling laris selain anjing. Simpanse adalah binatang primata tercerdas di dunia, dan para ilmuwan juga mengakui bahwa mereka adalah binatang paling cerdas di dunia saat ini. Primata ini berasal dari hutan tropis di Afrika . Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan cabang pohon! Seorang profesor dari Primate Research Institute of Kyoto University bernama Tetsuro Matsuzawa, mendedikasikan hidupnya untuk meneliti simpanse ini. Beliau mengatakan bahwa simpanse bahkan dapat mengalahkan para sarjana matematika Jepang pada saat tes memori angka

Aneh, Air Terjun Ini Mengalir Bolak Balik

Siap-siap kaget saat berkunjung ke Teluk Talbot di Australia Barat. Jika selama ini air terjun menurun ke bawah, beda ceritanya dengan “Horizontal Falls” yang mengalir mendatar, sekaligus bolak-balik. Kok bisa? Aliran airnya deras layaknya air yang terjun dari tebing. Sekilas memang pemandangan ini terlihat seperti air terjun, tapi bedanya aliran airnya mendatar. Sampai-sampai tempat ini dinamai The “Horizontal Falls” atau air terjun horizontal. Peristiwa ini sebenarnya terbentuk karena derasnya air yang keluar dari sela-sela tebing. Tebing tersebut membelah lautan. Dari sisi lautan yang satu (sebelah kanan), air akan meluncur deras ke sisi di seberangnya (sebelah kiri). Ini terjadi karena air laut di sebelah kanan sedang pasang, sedangkan air laut di sebelah kiri sedang surut. Uniknya, hal tersebut juga berlaku kebalikannya. Tidak jarang jika pagi hari air mengalir dari kanan ke kiri, tapi sorenya malah dari kiri ke kanan. Peralihan air ini terjadi terus-menerus